-

5 Tempat Rantau di Indonesia yang Cocok Bagi HSE

Bagi kamu lulusan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), mungkin sudah tidak asing dengan profesi HSE. Tetapi, bagi yang belum tahu dan ingin tau, kenalan dulu yuk! HSE (Health Safety Environment) atau Ahli K3 adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap kesehatan, keselamatan kerja, serta pengelolaan lingkungan di tempat kerja. Mengutip dari Rencanamu.id, pekerjaan sehari-hari HSE bisa dibilang cukup banyak. Namun, pekerjaan tersebut dapat dibagi ke dalam 3 kategori utama, yaitu inspeksi (mulai dari inspeksi aspek keselamatan di area kerja, fasilitas keselamatan, dll), monitoring (mulai dari monitoring keadaan bising, monitoring lingkungan, dll), serta memberikan pelatihan K3 bagi karyawan.

Profesi HSE memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan, terutama bagi perusahaan di industri yang memiliki risiko tinggi akan terjadinya kecelakaan kerja seperti pertambangan, minyak dan gas, konstruksi, manufaktur, dan lain sebagainya. Industri-industri tersebut umumnya menyebar atau cenderung lebih banyak ditemukan di suatu wilayah tertentu. Misalnya saja, kawasan industri pertambangan batu bara. Industri tersebut akan lebih banyak ditemukan di wilayah Kalimantan, Sumatera, atau Papua, tetapi jarang sekali ditemukan di Pulau Jawa. Dikutip dari Sahitya.id, hal tersebut dikarenakan cadangan batu bara di Pulau Jawa lebih terbatas jika dibandingkan dengan Kalimantan, Sumatera, atau Papua sehingga tambang batu bara di pulau Jawa kurang berkembang. 

Maka dari itu, pemilihan tempat rantau bagi HSE itu cukup penting dan dapat ditentukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenis industri yang dominan, peluang karier, dan lingkungan kerja yang sesuai dengan nilai-nilai profesionalisme HSE. Setiap daerah memiliki tantangan dan peluang unik dalam bidang ini, sehingga para profesional HSE dapat berkontribusi secara maksimal dalam menjaga kesehatan, keselamatan, dan lingkungan kerja di Indonesia.

Belum punya gambaran terkait tempat rantau yang cocok untuk kamu? Tenang, berikut adalah rekomendasi tempat rantau di Indonesia yang cocok untuk HSE:

Tempat Rantau yang Cocok untuk Profesi HSE

Jawa Barat (Bekasi, Karawang)

Bekasi dan Karawang dikenal sebagai kota industri. Keduanya menjadi tempat yang strategis untuk mengembangkan industri karena letaknya yang berada di sebelah timur Jakarta dan berada di jalur transportasi utama yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota besar lain di Jawa Barat. Di Bekasi sendiri, terdapat banyak kawasan industri mulai dari Kawasan Industri Jababeka (kawasan paling bergengsi untuk bidang manufaktur, industri, dan teknologi), Kawasan Industrial Estate/Millenium Industrial Estate, MM2100 Industrial Town BFIE, Greenland International Industrial Center, Kawasan Industri KIIC, Kawasan Industri Delta Silicon (Cikarang), Bekasi International Industrial Estate, hingga Kawasan Industri Sentul. 

Di samping itu, selama 2 minggu terakhir, ada sejumlah 18 lowongan kerja yang di-upload pada laman Jobstreet.co.id untuk profesi HSE dari bidang perusahaan yang berbeda-beda, mulai dari industri manufaktur/produksi, manajemen/konsulting HR, dan konsultasi (IT, Ilmu Pengetahuan, Teknis & Teknikal). Dari banyaknya lowongan kerja tersebut, dapat dilihat bahwa HSE adalah profesi yang dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai industri. Penempatan kerjanya pun tidak hanya pada proyek di lapangan saja. Namun, HSE  juga dapat bekerja pada bangunan seperti gedung/perkantoran. Hal ini dikarenakan area tersebut membutuhkan seorang HSE untuk maintenance kesehatan dan keselamatan di sekitarnya.

Kalimantan (Ketapang, Balikpapan) 

Selain Pulau Jawa, pengembangan industri di Pulau Kalimantan juga turut diberi perhatian khusus oleh pemerintah untuk dijadikan sebagai pusat pengembangan industri berbasis sumber daya alam. Adapun kawasan industri di Kalimantan meliputi Kawasan Industri KBS dan Kawasan Industri Batulicin. Selama 14 hari terakhir, terdapat kurang lebih 12 lowongan kerja untuk HSE pada situs pencarian kerja Jobstreet.co.id. Perusahaannya pun beragam, mulai dari agrikultural/perkebunan/peternakan unggas/perikanan, akunting/audit/layanan pajak, umum dan grosir, transportasi/logistik, pertambangan, dll.

Banyak yang belum tahu bahwa HSE juga dibutuhkan di industri perkebunan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Kalimantan terkenal sebagai wilayah yang memiliki banyak perkebunan sawit. Penerapan K3 pada perkebunan kelapa sawit sangat penting sebab jenis pekerjaanya berpeluang tinggi menyebabkan kecelakaan kerja. Akan tetapi, penerapan K3 di perkebunan kelapa sawit bukan hanya diperuntukkan bagi keselamatan pekerja saja. Peningkatan K3 di perkebunan kelapa sawit juga diperlukan karena turut berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan secara nasional. Jadi, tidak heran bukan kalau posisi HSE banyak dicari di industri ini.

Banten (Cilegon, Serang, Kabupaten Tangerang) 

Di wilayah Banten, terdapat Kawasan Industri Modern Cikande Industrial Estate. Selain itu, dilansir dari Jobstreet.co.id, selama 14 hari terakhir di wilayah Banten terdapat 11 lowongan kerja untuk HSE. Beberapa perusahaan tersebut bergerak di bidang konstruksi/bangunan/teknik, manufaktur automobil/automotif, accounting/audit/layanan pajak, serta pelayanan perbaikan dan pemeliharaan. Dengan banyaknya pabrik besar di daerah Banten, maka para HSE bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan kesehatan pekerja serta mencegah pencemaran lingkungan akibat proses produksi.

Jawa Timur (Surabaya, Gresik)

Jawa Timur juga memiliki banyak kawasan industri, mulai dari Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), serta Kawasan Industri SIER. Selain itu, ada sekitar 6 lowongan kerja bagi HSE yang ditemukan selama 2 minggu terakhir dari perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, manufaktur, dan makanan & minuman/katering/restoran di laman JobStreet.

Betul sekali, ternyata peran HSE juga dibutuhkan di perusahaan yang bergerak di bidang food and beverage. Meskipun terdengar pekerjaan yang sederhana dan mudah, pekerjaan di dapur juga perlu menerapkan K3. Misalnya, mewajibkan koki menggunakan sepatu khusus yang didesain anti-slip atau memberikan pembekalan dasar pada pekerja  mengenai cara memadamkan api yang disebabkan oleh bahan masakan seperti minyak, lemak, dll. Untuk mewujudkan lingkungan dapur yang aman dan selamat, peran HSE tentu diperlukan.

Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah terkenal dengan Kawasan Industri yang dimilikinya yaitu Kawasan Industri Palu. Di daerah Sulawesi Tengah sendiri, ditemukan sekitar 5 lowongan kerja HSE selama 2 minggu terakhir pada JobStreet dari perusahaan manufaktur/produksi dan pertambangan.

Meskipun kedua industri tersebut sangat berbeda jenis usahanya, namun keduanya sama-sama membutuhkan peran HSE. Kedua industri tersebut sama-sama memiliki risiko yang cukup tinggi bagi kesehatan dan keselamatan kerja. Misalnya, risiko terpapar bahan kimia pada industri manufaktur atau risiko terkena penyakit pernapasan bagi pekerja di industri pertambangan batu bara. Nah, risiko tersebut dapat diminimalisir dengan adanya keberadaan HSE yang bertanggung jawab atas K3 di lingkungan kerja.

Baca juga: 7 Tips Bekerja di Tanah Rantau

Sudah yakin dengan pilihan tempat rantau kamu? Selain menentukan tempat rantau yang cocok untuk berkarier sebagai HSE, yuk persiapkan dirimu lebih baik lagi melalui Pembinaan Ahli K3 Umum yang ada di Mutiara Mutu Sertifikasi.